LAZNAS DEWAN DAKWAH DAN KEMENTRIAN AGAMA LATIH IMAM DAN KHOTIB MUDA DI BANDAR LAMPUNG

Pemberian Materi oleh Ust. Mukhlis Sholihin

Sabtu lalu (16/11), LAZNAS Dewan Dakwah bersama Kementrian Agama Kota Bandar Lampung memberikan pelatihan untuk 40 imam muda sekaligus khatib. Pelatihan ini diadakan di Masjid Miftahul Jannah, Kel. Keteguhan, Kec. Teluk Betung Timur, Bandar Lampung.

Keempat puluh peserta ini diambil dari kumpulan remaja mesjid, pengurus badan kemakmuran mesjid, penyuluh agama, dan masyarakat sekitar.

Acara ini dibuka oleh Kepala Program Zakat City Kemenag Kota Bandar Lampung, Bpk. Sulaiman Bardan, seusai sholat Jumat. Beliau juga yang mengisi sesi pertama, yaitu mengenai rukun khotib dan bagaimana menjadi khotib yang disukai jamaah.

Sedangkan sesi kedua diisi oleh Ust. Mukhlis Solihin dari Dewan Dakwah Lampung, terkait tahsin bacaan imam dan khotib.

Menurut Ust. Mukhlis Sholihin, melihat dari bacaan peserta, sudah cukup memadai untuk menjadi imam di masjid sekitar. Sedangkan beberapa peserta bahkan sudah layak untuk menjadi imam di masjid-masjid besar di Kelurahan Keteguhan.

“Beberapa peserta, seperti pak Dedi, memiliki kapasitas qori, bacaanya sangat bagus dan bisa untuk membantu peserta lain belajar tahsin untuk memperbaiki bacaanya”, jelas Ust. Mukhlis.

Pelatihan imam dan khotib disambut hangat oleh takmir masjid. Bahkan setelah selesai pelatihan, peserta berbondong-bondong menghampiri Tim LAZNAS Dewan Dakwah dan Ust. Mukhlis Sholihin untuk mengucapkan trimakasih serta meminta agar pelatihan tahsin dapat terus dilanjutkan di Masjid Miftahul Jannah.

Tak ketinggalan pula, mereka juga sangat berterimakasih kepada Kementrian Agama Kota Bandar Lampung yang telah memprakarsai kegiatan ini. Semoga para imam dan khotib bertambah baik lagi dalam menjalankan tugasnya.

Komentar