Pembukaan Acara

Ahad (4/11), pukul 07.00 wib pagi para ibu Muslimat dan daiyah Dewan Dakwah Lampung telah bersiap menuju Dusun V Desa Margataqwa, Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan.

Pasalnya, hari ini merupakan hari perdana diadakannya acara Tadabbur Alquran untuk anak-anak Dusun V Margataqwa. Acara ini diselenggarakan atas permintaan para ibu jamaah Majelis Ta’lim Al Fahd yang khawatir melihat anak-anak mereka tertarik untuk berkunjung ke Sekolah Minggu yang diadakan oleh sebuah gereja yang berlokasi di dusun tersebut.

Kondisi ini sangat memprihatinkan. Walaupun telah diadakan sarana untuk anak-anak belajar mengaji setiap harinya, namun jiwa kanak-kanak mereka tetaplah menyukai suasana belajar sambil bermain dan hadiah-hadiah mungil yang menarik hati.

Inilah yang coba diatasi oleh Muslimat Dewan Dakwah Lampung bekerjasama dengan Majelis Ta’lim Al Fahd. Dilibatkan juga para relawan muda Laznas Dewan Dakwah Lampung yang kelak diharapkan dapat rutin membantu dalam pembinaan selanjutnya.

Acara ini diharapkan dapat rutin diadakan setiap 2 sampai 3 bulan sekali. Sedangkan pembinaan rutin akan diusahakan setiap pekan sekali.

Bu Wahyani Ketua Muslimat Dewan Dakwah Lampung

Acara ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Muslimat Dewan Dakwah Lampung, Ibu Wahyani, yang lebih akrab dengan sebutan Bunda Yani. Beliau menyatakan bahwa Muslimat Dewan Dakwah Lampung hadir ke Margataqwa adalah untuk berbagi rasa, berbagi ilmu, dan berbagi kebahagiaan. “Saling asah, asih, dan asuh. Mengajarkan Alquran, mengajak untuk mentadabburi Alquran, dan mengajak untuk ber-akhlaqul karimah”, lanjut beliau pula.

Acara perdana ini dihadiri pula oleh Ibu Ketua Majelis Ta’lim Al Hidayah desa tetangga Margataqwa, Ibu Suprihatin. Beliau mewakili Ibu Kadus yang pada waktu bersamaan menghadiri acara lainnya. Ibu Suprihatin berpesan kepada anak-anak yang hadir agar fokus dan istiqamah pada hafalan Qurannya.

Ibu Romiyati yang mewakili jamaah Majelis Ta’lim Al Fahd mengucapkan banyak terimakasih kepada Muslimat DD Lampung dan Tim Relawan Laznas Dewan Dakwah Lampung yang memberikan dukungan dan fasilitas pada banyak kegiatan keislaman di Margataqwa, termasuk acara Tadabbur Quran hari ini.

Setelah acara pembukaan, dimulailah sesi muraja’ah hafalan. Sebanyak 50 peserta anak-anak diajak mengulang bersama surat-surat pendek yang telah mereka hafal. Dilanjutkan dengan pembagian kelompok berdasarkan usia dan jumlah hafalan. Masing-masing kelompok dibimbing oleh para ibu daiyah dan relawan Laznas.

Setelah usai sholat dzuhur dan istirahat makan, dilanjutkan dengan bersama membacakan surat yang baru

Ramah tamah bersama anak-anak

dihafal. Acara pun ditutup dengan pembagian bingkisan untuk anak-anak.

Pada kegiatan hari ini bukan hanya anak-anak yang diajak menghafal Alquran, tapi juga sekitar 40 orang para ibu mereka yang hadir mendapat bimbingan dari Muslimat Dewan Dakwah Lampung.

Semoga apa yang telah diusahakan bersama ini dapat menekan usaha-usaha pemurtadan yang terjadi di Margataqwa. Butuh kesadaran dari tiap orang tua dan dukungan kita semua untuk menyelamatkan akidah diri dan anak-anak mereka. Semoga kerja bareng ini bernilai ridho di mata Allah.

 

Persiapan Acara

Komentar