Tanah Petobo Bergerak, Masjid Berpindah 1 KM

“Itu jauuhhh sekaliiii. Masjid itu dari atas 1 KM perjalanannya ke sini,“ tandas seorang warga Petobo kepada Ustadz Nurbowo, tim LAZNAS Dewan Da’wah pusat. Bersama Dewan Da’wah Sulsel dan Sulteng, tim mengunjungi korban gempa yang alami pergerakan tanah (likuifaksi) di Petobo, Palu Selatan.

Tanah yang berderak tak hanya menyebabkan posisi Masjid berpindah, rumah warga di BTN Petobo juga sebagian miring dan sebagian lain ambruk. Hampir seluruhnya bergeser dari posisinya semula. Bahkan pohon kelapa yang semula berada di gunung, kini berada di pemukiman warga Petobo pascagempa.

Likuifaksi ini terjadi akibat guncangan yang kuat dari dalam tanah, sehingga terjadi perubahan sifat tanah dari semula padat menjadi cair (lumpur). Hal ini menyebabkan material yang berada di atas tanah terhanyut mengikuti aliran lumpur. Sebagian bangunan juga ambles ke dalam tanah hingga 3 m terhisap lumpur. Sebagian lagi naik ke permukaan tanah hingga 2 m menjadikan tinggi tanah sama dengan bangunan rumah.

LAZNAS Dewan Da’wah tanggap bencana dengan mendistribusi tenda/kemah darurat ke sejumlah titik, mendirikan dapur umum untuk relawan dan korban bencana di sekitar posko, membagikan sembako, lauk pauk, dan kebutuhan dasar lainnya, serta membantu mengevakuasi korban yang masih tertimbun reruntuhan.

Duka Sulteng masih mengelukan derita pasca lantaknya tanah Sulawesi Tengah. Air mata berlinang sedalam duka yang menimpa. Bersama LAZNAS Dewan Da’wah, mari berjamaah menolong korban gempa dan tsunami Sulteng.

Rekening Donasi
? Bank Muamalat – 355 000 3162
a.n Lazis Dewan Da’wah Lampung ✅

☑ Tambahkan infak Rp 001 sbg kode donasi, contoh: Transfer 1.000.001

Info donasi: 0853 6680 4020
———————————————————
#LaznasDewanDakwah
#DariKitaKePenjuruNusantara
#BantuGempaDonggala
#TolongSulteng
#PeduliSulteng
#GempaSulteng
#TsunamiSulteng

Komentar