All for Joomla The Word of Web Design

MUHASABAH DI 1/3 BULAN RAMADHAN

Oleh : KH. Hafi Suyanto, Lc. Wakil Ketua I Dewan Dakwah Lampung

 

MUHASABAH DI 1/3 BULAN RAMADHAN :

1. Banyak dalil dari alquran dan hadits tentang keutamaan romadhon hingga orang – orang awam pun tahu tapi tidak semua bisa melaksanakan dan tidak banyak yang bisa menerjemahkan dalam keseharian.

2. Ada tiga tipe manusia dalam romadhon yaitu :

(1) orang yang tidak merasakan keutamaan dan kehadiran puasa. Lahir dan batinnya bermaksiat, lisannya tidak dikendalikan, menuruti hawa nafsu. Mereka semakin jauh dari Allah  SWT dan masuk dalam kategori orang yang didoakan jelek oleh nabi. Kecuali jika ia sadar dan segera bertaubat.

(2) orang pertengahan yang mengisi dengan kewajiban tapi kurang bergairah dalam mengisi dengan sunnah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Padahal ini adalah bulan dagangan dari Allah.

(3) orang yang berlomba – lomba dalam kebaikan, mentarbiyah jiwanya, bersegera dalam mensucikan diri, mengisi siang malamnya dengan taqarub kepada Allah hingga ia mencapai derajat ihsan yaitu merasakan hadirnya Allah tatkala ia beribadah dan selalu merasa diawasi oleh Allah. Ia mencintai Allah dan Allahpun mencintainya.

Nilai-nilai tarbiyah Romadhon sangat banyak tergntung bagaimana orang menyikapinya ;
1. Ada orang yang seperti padang yang luas, dengan tanah yang subur. Maka tumbuhlah tumbuhan yang bermanfaat hingga rerumputan yang akan mendatangkan manfaat kepada orang lain. Ia ibarat matahari yg menyinari kegelapan.
2. Padang yang sempit dengan tanah yang tandus dan gersang. Tidak ada tumbuhan sama sekali, tidak menyimpan air dan tidak bermanfaat.
3. Padang yang sedikit memberi manfaat.
Demikianlah Allah membuat perumpaan kepada manusia.
Maka hendaknya kita totalitas dlm romadhon. Jauhi debat ghibah dan hanya mengharap ridho allah. Insya allah akan tercermin nilai2 romadhon dlm kehidupan.

Para jamaah sekalian , kita ketahui saat ini kita harus meningkatkan amaliyah di Ramadhon ini karena :
1. Kita tinggal 1/3 akhir dr romadhon. Sepuluh hari yg diberkahi.
Nabi mengkhususkan hari2 ini dgn ibadah, menghidulkan malam dn membangunkan keluarga.
Di sana ada lailatul qodar yang berarti alquran diturunkan pada malam itu atau alquran diturunkan dr lauhul mahfud ke langit dunia pada malam itu.
2. Hingga bumi terasa sempit karena banyak malaikat yg turun termasuk jibril. Malam yg tenang, sejuk, pada paginya matahari terbit kemerah-merahan dengan sinar yang lembut.
3. Lailatul qodar turun tiap tahun. Malam ketentuan setahun yg akan datang. Rizki, mati, kaya miskin, hidup ditentukan malam itu.
4. Malam itu bernilai lebih baik dr 1000 bulan. Para Salaf terdahulu sangat menjaga malam – malam itu.
5. Lailatul qadar berganti-ganti dalam setiap tahunnya.
Maka mari tutup romadhon dgn amalan sholih. Karena amal dilihat dari akhirnya. Jangan menjadi orang yang terhalang dr lailatul qodar.

1 Comment

  • Adji Reply

    June 20, 2017 at 4:58 am

    Alhamdulillah

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password