All for Joomla The Word of Web Design

Mendoakan Orang Lain

Mendoakan Orang Lain
Oleh : KH. Komiruddin Imron, Lc
Sekretaris Dewan Syuro Dewan Dakwah Lampung
KH. Komiruddin Imron, Lc

Diantara doa yang diaminkan malaikat adalah Mendoakan saudara kita dari kejauhan dan tanpa sepengetahuannya.

Mendoakan kebaikan untuk orang lain sama dengan mendoakan kebaikan untuk yang berdoa.

Jika kita melihat, kesusahan, penderitaan, kekurangan atau kesalahan pada orang lain, maka mendoakan agar ia terlepas dari kesusahan, terpenuhi hajatnya dan diperbaiki kesalahan sama dengan kita mendoakan kebaikan yang sama untuk kita.

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

دَعْوَةُ الْمَرْءِ الْمُسْلِمِ لأَخِيْهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ مُسْتَجَابَةٌ عِنْدَ رَأْسِهِ مَلَكٌ مُوَكَّلٌ. كُلَّمَا دَعَا ِلأَخِيْهِ بِخَيْرٍ، قَالَ الْمَلَكُ الْمُوَكَّلُ بِهِ: آمِيْنَ. وَلَكَ بِمِثْلٍ.

‘Do’a seorang muslim untuk saudaranya yang dilakukan tanpa sepengetahuan orang yang dido’akannya adalah do’a yang akan dikabulkan. Pada kepalanya ada Malaikat yang menjadi wakil baginya. Setiap kali dia berdo’a untuk saudaranya dengan sebuah kebaikan, maka Malaikat tersebut berkata: ‘Aamiin dan engkau pun mendapatkan apa yang ia dapatkan.’”

‘Abdullah berkata: “Lalu aku pergi ke pasar dan bertemu dengan Abud Darda’ Radhiyallahu anhu, lalu beliau mengucapkan kata-kata seperti itu yang diriwayatkan dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam.”

Sebab itu jika kita menemukan saudara kita dalam penderitaan dan kesusahan, maka jangan segan-segan mendoakannya agar terlepas dari kesusahan dan penderitaan.

Sebab kehidupan dunia ini hampir seluruhnya susah dan derita. Bisa jadi dengan doa itu Allah melepaskan kita satu atau lebih, dari ke susahan-kesusahan dunia.

Semakin banyak doa, semakin banyak peluang kebaikan yang kita dapatkan dan semakin banyak kesusahan dan problema yang bisa terselesaikan.

Natar, 26 Juni 2017

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password