All for Joomla The Word of Web Design

Membangun Kapasitas

Ada ungkapan Umar RA yang sudah sering kita dengar. “Belajarlah sebelum engkau memimpin”.

Ungkapan ini bagi saya menarik ditinjau dari dua sisi. Pertama : Umar ingin menegaskan bahwa semua kita harus siap menjadi pemimpin.

Yang kedua : Ketika kita akan menjadi pemimpin maka kita harus bersiap-siap untuk belajar.

Seorang ayah akan menjadi pemimpin di tengah keluarganya. Maka ia harus belajar menjadi ayah yang baik. Seorang ibu akan menjadi pemimpin di rumahnya, maka ia harus belajar menjadi seorang ibu yang baik.

Bisa jadi kelak Allah takdirkan kita menjadi pemimpin di perusahaan, organisasi massa, organisasi politik, yayasan dan lain sebagainya.

Maka kita harus punya basic yang mumpuni dalam setiap kepemimpinan yang kita pimpin.

Seseorang yang menjadi pemimpin tapi tidak punya basic di instansi yang ia pimpin, maka jatuhnya akan lebih cepat dari waktunya.

Di sinilah kita bisa memahami mengapa Imam An Nawawi ketika mengarang kita riyadhush shalihin ia memulainya dengan bab muqaddimat.

Bab ini berisikan puluhan pasal yang membahas basic ilmu yang wajib dimiliki setiap muslim.

Dari bab niat, taubat, sabar, muraqabah, taqwa, yaqin, shidiq (jujur), istiqamah, mujahadah, zuhud, nasihat, ishlah sampai ke bab larangan mengangkat pemimpin yang meminta-minta pimpinan.

Baru setelah itu membahas bab-bab lainnya, di mana ia akan menjadi kuat dan dapat bertahan lama jika basic yang ada di muqaddimat ini kuat.

Begitulah pentingnya basic ilmu dalam setiap kepemimpinan. Jika kepemimpinan tidak ada basicnya maka tunggulah kehancurannya. Dan jauh sebelum itu Rasulullah saw mengingatkan ketika beliau saw ditanya: kapan hari kiamat? Maka Rosululloh shollallohu ‘alaihi wa sallam berkata kepadanya:

«إِذَا وُسِدَ الأَمْرُ إلى غَيْرِ أَهْلِهِ فَانْتَظِرِ السَّاعَةَ»

“Apabila suatu perkara diserahkan kepada yang bukan ahlinya maka tunggulah kehancurannya”. (HR, Bukhori dari Abu Hurairah)

Natar, 25 Juli 2017

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password