All for Joomla The Word of Web Design

Boyong Kerjasama Dengan Indosat, Laznas Dewan Dakwah Siap Kembangkan Usaha KWT

Lampung Selatan. Laznas Dewan Dakwah kembali kunjungi usaha KWT pada Senin, 19 Februari 2018 di Jl. Raya Wawasan, Dusun Cinta Jaya, Desa Wawasan Kec. Tanjungsari Kab. Lam-Sel (ma) yang sempat vakum selama 2 tahun. Kali ini Laznas Dewan Dakwah tidak hanya datang sendiri, namun juga datang bersama dengan Tim Madrasah Relawan Lampung beserta Tim Indosat yang merupakan partner untuk mengembangkan usaha KWT tersebut.

Menilik sejarah KWT, dulu daerah tersebut adalah daerah rawan kristenisasi. Yang mana tanah sekolah didaerah tersebut sempat ingin dibeli oleh pastur, namun Laznas Dewan Dakwah bergerak lebih cepat untuk lebih dahulu membeli tanah tersebut untuk menyelamatkan masyarakat sekitar dari bahaya kristenisasi. Hingga akhirnya sampai dengan sekarang tanah tersebut tetap dipakai untuk sekolah dengan jumlah 36 siswa/siswi dengan biaya yang gratis. Berangkat dari hal tersebut, maka Laznas Dewan Dakwahpun juga bergerak untuk membentuk Kelompok Wanita Tani(KWT) sejak tahun 2013 silam, yang dibagi menjadi 3 kelompok yaitu KWT Mawar(10 orang), KWT Melati(20 orang) dan KWT Karya Sejahtera(10 orang) untuk memberdayakan perempuan khususnya ibu-ibu dengan memberikan bibit kangkung, cabe, terong, dll.

“Adanya KWT sangat bermanfaat terutama untuk ibu-ibu. Yang pertama, kami bisa menyambung silaturahmi, yang kedua kami bisa menghemat perekonomian kami masing-masing, kami tidak hanya dirumah tetapi kami punya kegiatan lain.” Ucap Desi Dharmayani selaku ketua KWT.
Semenjak 2 tahun belakangan, usaha ini vakum dikarenakan musim kemarau. Tapi ibu-ibu KWT masih tetap berkumpul untuk membuat sabun mandi, sabun cuci, kue, dan pengambilan jempitan (berupa beras) untuk menggantikan usahanya yang sempat vakum. Namun usaha ini kurang berkembang dikarenakan kurangnya dana dan minimnya pengetahuan tentang cara pemasaran produk tersebut.
Karena hal itu, Laznas Dewan Dakwah bekerjasama dengan Indosat bergerak untuk membantu mengembangkan usaha KWT yang ada di desa tersebut.


Pak Haris selaku perwakilan dari Tim Indosat menanggapi “Menurut saya usaha KWT ini bisa dikembangkan asalkan serius dan mereka harus dibekali ilmu yang cukup agar maksimal hasilnya.”
“Sukses adalah hak setiap orang termasuk ibu-ibu di KWT, banyak ibu-ibu hebat disana. Insyaallah kalau serius mereka akan sukses.” Sambung tanggapan dari Pak Haris.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password