All for Joomla The Word of Web Design

Katakan Dengan Ilmu

Katakan sesuatu yang engkau ketahui. Jangan berkata tentang sesuatu di mana engkau tidak memiliki pengetahuan.

وَلَا تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ ۚ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (Qs, 17:36)

Mengatakan sesuatu tanpa ilmu, hanya berdasarkan prasangka adalah kezaliman. Sebab informasi yang salah dapat mencelakakan dan menyesatkan.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اجْتَنِبُوا كَثِيرًا مِنَ الظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ الظَّنِّ إِثْمٌ ۖ

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa…… (Qs,49:12)

Jika masih ragu, maka diam dan tak berkomentar itu lebih selamat. Sebab bisa jadi apa yang akan kita katakan itu salah.

Maka mencari kebenaran berita sebelum disampaikan adalah tuntutan syariah, supaya tidak terjadi penyesalan. Apalagi bila berita tersebut berkaitan dengan jati diri dan kehormatan seseorang.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu. (Qs,49:6)

Yang demikian itu agar kita berhati-hati dalam berbicara, menyampaikan berita, nge-share opini dan lain sebagainya, sebab semua itu ada pertanggung jawabannya.

إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya. (17:36)

22 Juli 2017

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password