All for Joomla The Word of Web Design

Agama Itu Nasihat

AGAMA ITU NASIHAT
Oleh : KH. Komiruddin Imron, Lc
Sekretaris Dewan Syuro Dewan Dakwah Lampung
KH. Komiruddin Imron, Lc

Agama itu nasihat. Begitu menurut hadits rasulullah saw. Ini menunjukan bahwa nasihat memiliki sisi utama dalam agama, walaupun agama bukan melulu nasihat. Sebab ada banyak yang kandungan agama selain nasihat seperti, shalat, puasa, zakat dan haji.

Seolah-olah rasulullah saw ingin mengatakan bahwa kehidupan beragama tak akan terwujud dengan baik tanpa ada nasihat, bahkan agama tak akan berarti tanpa nasihat.

Walaupun tidak terlalu persis, ia seperti sabda Rasulullah saw _”Haji adalah wukuf di Arafah.”_. Padahal ada banyak pekerjaan haji selain wukuf di arafah, seperti ihram, thawaf, sa’i dan lain sebagainya.

Tapi rukun yang paling utama dari semua itu adalah wukuf di Arafah. Artinya tidak sah haji tanpa adanya wukuf di arafah.

Dalam surat Al-Ashr Allah memasukan saling menasihati satu diantara tiga syarat tidak meruginya manusia.

Bukankah seluruh pekerjaan nabi dan rasul adalah menyampaikan nasihat kepada kaumnya. Dan ini adalah tugas utama mereka.

Perhatikan apa yang dikatakan nabi Nuh as :

وَلَا يَنْفَعُكُمْ نُصْحِي إِنْ أَرَدْتُ أَنْ أَنْصَحَ لَكُمْ إِنْ كَانَ اللَّهُ يُرِيدُ أَنْ يُغْوِيَكُمْ ۚ هُوَ رَبُّكُمْ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ

Dan tidaklah bermanfaat kepadamu nasehatku jika aku hendak memberi nasehat kepada kamu, sekiranya Allah hendak menyesatkan kamu, Dia adalah Tuhanmu, dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan”. (11:34)

Dan nabi Shaleh As :

فَتَوَلَّىٰ عَنْهُمْ وَقَالَ يَا قَوْمِ لَقَدْ أَبْلَغْتُكُمْ رِسَالَةَ رَبِّي وَنَصَحْتُ لَكُمْ وَلَٰكِنْ لَا تُحِبُّونَ النَّاصِحِينَ

Maka Shaleh meninggalkan mereka seraya berkata: “Hai kaumku sesungguhnya aku telah menyampaikan kepadamu amanat Tuhanku, dan aku telah memberi nasehat kepadamu, tetapi kamu tidak menyukai orang-orang yang memberi nasehat”. (Qs, 7:79)

Jadi mengajak kepada jalan Allah yang merupakan sebaik-baiknya perkataan adalah nasihat

Begitu juga amar ma’ruf, nahi mungkar yang merupakan ciri dari umat yang terbaik adalah nasihat.

Tanpa mengajak ke jalan Allah dan amar ma’ruf nahi mungkar tentu agama ini tidak akan sampai kepada kita.

Tentu ajaran shalat, puasa, haji, zakat, jihad dan lainnya tidak akan pernah kita ketahui, apalagi sampai mengamalkannya.

Di sinilah kita bisa memahami kalimat pendek AddinuAddinu Annashihah”, agama adalah nasihat.

Dalam kehidupan kita di tengah jamaah dan masyarakat, nasihat adalah penyelamat. Masing masing kita wajib mengingatkan yang lain bila melakukan kesalahan.

Sebab hidup ini ibarat menumpang bahtera besar. Masing-masing wajib saling mengingatkan antara para penumapang untuk sama-sama mengikuti peraturan yang telah ditetapkan oleh pemilik bahtera tersebut agar semua selamat dan sampai ketujuan.

Siapapun yang melanggar peraturan harus ditegur dan dinasihati. Tak terkecuali, termasuk nahkoda dan kru-krunya yang senior.

Kelemahan kita, jika nasihat kita tujukan kepada pimpinan atau senior adalah penyakit ewuh pakewuh, enggak enakan, alasan enggak mau ribut, nanti tersinggung dan lain sebagainya. Penyakit ini harus dihilangkan.

Sebab membiarkan mereka dalam kesalahan adalah bentuk pengabaian terhadap hak menasihati, yang bisa jadi akan mengakibatkan semua jatuh kepada fitnah dan kehancuran.

Dari Abu Bakr Radhiyallahu anhu . Beliau berkata: “Sungguh, kami pernah mendengar Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya jika manusia melihat seseorang melakukan kezhaliman, kemudian mereka tidak mencegah orang itu, maka Allah akan meratakan adzab kepada mereka semua. [HR Abu Dâwud, at-Tirmidzi dan dishahîhkan oleh al-Albâni).

Sabda Rasullullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam :

وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ لَتَأْمُرُنَّ بِالْمَعْرُوْفِ وَلَتَنْهَوُنَّ عَنْ الْمُنْكَرِ أَوْ لَيُوْشِكَنَّ اللَّهُ أَنْ يَبْعَثَ عَلَيْكُمْ عِقَابًا مِنْ عِنْدِهِ ثُمَّ لَتَدْعُنَّهُ فَلاَ يَسْتَجِيْبُ لَكُمْ

Demi Dzat yang jiwaku ada di tangan-Nya, hendaknya kalian betul-betul melaksanakan amar ma’ruf nahi mungkar atau (jika kalian tidak melaksanakan hal itu) maka sungguh Allah akan mengirim kepada kalian siksa dari-Nya kemudian kalian berdoa kepada-Nya (agar supaya dihindarkan dari siksa tersebut) akan tetapi Allah Azza wa Jalla tidak mengabulkan do’a kalian. [HR Ahmad dan at-Tirmidzi dan dihasankan oleh al-Albâni dalam Shahîhul Jâmi’]

Bahtera akan melaju bila semua berpegang pada peraturan.

Natar, 22 Juni 2017

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password