Pelantikan ADI
Jalankan amanat M.Natsir Dewan Dakwah Membuka Akademi Dakwah ke 15
August 18, 2017
Jejak Perjuangan Umat Islam Menjaga NKRI
August 20, 2017

PELUNCURAN PERDANA KOPERASI “KITA” DEWAN DAKWAH

Kondisi Jual Beli Koperasi KITA Dewan Dakwah

Sabtu, 19 Agustus 2017 merupakan hari bersejarah bagi koperasi Dewan Dakwah. Pada hari itu diadakan pelayanan kegiatan koperasi berupa pendaftaran anggota dan transaksi jual beli untuk pertama kalinya.

Koperasi yang diberi nama “Kita” ini dikelola oleh Muslimat Dewan Dakwah Provinsi Lampung. Karena statusnya yang berada di tingkat provinsi, maka dibukalah kesempatan kepada para da’i, daiyah, dan seluruh jamaah Dewan Dakwah se-Lampung untuk menjadi anggotanya.

Dengan misi mengembangkan perekonomian umat, pendirian koperasi ini dimulai dengan mengumpulkan modal usaha dari simpanan pokok anggota sebesar Rp 178.000,-. Sebuah angka yang tidak ‘bulat’ memang. Sengaja dipilih angka 1, 7, 8 adalah untuk mengingat tanggal kemerdekaan RI 17 Agustus. Bertepatan dengan bulan Agustus, saat dimana ide pembentukan koperasi dan rapat-rapat persiapan dilakukan, sehingga tanggal 19 Agustus 2017 dijadikan sebagai hari lahir Koperasi “Kita”.

Pada hari pertama pembukaan pelayanan Koperasi Kita telah terdaftar 19 orang anggota. Para daiyah yang mendaftar ada 12 orang dan 7 orang lainnya adalah jamaah Dewan Dakwah yang hadir pada kajian Sabtu pagi. Dana yang berhasil terkumpul sebesar Rp 5.932.000,-. Dana ini didapat dari simpanan pokok, simpanan wajib, simpanan sukarela, dan infaq kas Muslimat. Dari hasil penjualan perdana hari itu, didapat keuntungan sekitar Rp.300.000,-.

Dengan menggunakan 2 meja kayu dan kursi-kursi plastik, pengurus Koperasi Kita menyusun barang dagangannya pagi itu. Dari mulai pisang, aneka keripik dan krupuk, sayur mateng, beras organik, sampai ayam probiotik beku.

Produk kemasan berupa minumam kesehatan, susu kambing, bahan-bahan pembersih rumah tangga, sampai sabun wajah pun tersedia.

Yang uniknya adalah tersedia juga tanaman sledri dalam polibag-polibag kecil. Sledri ini dijual dengan harga Rp 10.000,- Sledri yang tumbuh subur dan hijau, memikat para pembeli.

Alhamdulillah semua makanan matang dan bahan makanan basah habis terjual. Produk kemasan yang belum habis terjual tak perlu dikhawatirkan, karena bisa untuk stok penjualan Sabtu berikutnya.

Karena Koperasi Kita belum mempunyai tempat, maka penjualan terbuka hanya dilakukan di hari Sabtu setelah Kajian Sabtu Pagi. Penawaran dan pemesanan barang dilakukan juga lewat WA Grup dan saat bertemu di hari Sabtu barulah barang yang dipesan diserahkan.

Sembako justru belum bisa disediakan, kecuali beras organik. Diharapkan sesegera mungkin ada kerjasama dengan pihak pemasok barang-barang sembako, agar ke depannya Koperasi Kita perlahan bisa melayani kebutuhan jamaah Dewan Dakwah dan masyarakat sekitar.

Dalam waktu dekat insyaallah juga akan diluncurkan produk Arisan Motor. Diharapkan dengan cara ini, kendaraan yang merupakan salah satu sarana dakwah dapat terfasilitasi bagi para da’i dan da’iyah.

Pelaksanaan awal ini pun masih dikerjakan secara gotong-royong. Semua pengurus saling bantu dalam mempersiapkan dan melayani. Kalau biasanya Muslimat saling bantu dalam arena dakwah, kali ini terasa sekali ukhuwah dalam membangun proyek pensejahtera umat.

Mari bergabung segera dalam wadah Koperasi Kita. Kita bersama-sama membangun mentalitas muslim sejati dan memakmurkan perekonomian umat.

1 Comment

  1. Hasanah Umi says:

    Bolrh juga ptogrsmnya… bgmn carsnts msu ikut jd anggors spaksh kirs dagtsr lzngsjng ke Dewan dakwah lampung?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *