Ramadhan Bulan Berbagi, Muslimah berbagi Hadiah untuk Para Mualaf
June 12, 2017
PANEN PERDANA, KWT BINAAN MUSLIMAT DI DESA MARGATAQWA
June 19, 2017

LAZIS DEWAN DAKWAH BANTU BIAYA PERAWATAN BAYI DHUAFA

[BANDAR LAMPUNG] – Selasa (6/6) telah lahir seorang bayi laki-laki di RS Imanuel, Bandar Lampung. Lahir melalui operasi Caesar dengan berat badan 1100 gr. Bayi ini berasal dari sebuah keluarga dhuafa yang menetap di Kec. Tanjung Bintang, Kab. Lampung Selatan.

Keluarga ini tidak mempunyai identitas diri, sehingga ketika kondisi darurat dan membutuhkan tindakan cepat, maka tidak ada asuransi/penjamin yang bisa membantu meringankan pembiayaan di rumah sakit.

Untuk melewati operasi Caesar saja dibutuhkan biaya sekitar 7 juta rupiah. Sementara untuk perawatan bayi dalam inkubator dibutuhkan biaya sekitar 900 ribu rupiah per hari. Kondisi ini sangat memberatkan Ibu Ningsih dan Pak Diono, orang tua bayi.

Ketidaksanggupan ini memutuskan mereka untuk menyerahkan bayi mereka ke Panti Asuhan Bussaina yang berdomisili di Bandar Lampung.

Pak Budi, pengelola panti asuhan ini merasa senang mendapat kepercayaan ini. Namun sekaligus merasa berat dengan pembiayaan yang ditagihkan pihak rumah sakit selama 9 hari perawatan. Besar tagihan tersebut adalah 18 juta rupiah.

Pak Budi segera menghubungi relawan Baabul Jannah, sebuah komunitas sosial yang bergerak dalam membantu perawatan dan pengobatan kaum dhuafa. Yayasan Baabul Jannah Lampung pun segera menggandeng mitra-mitra sosialnya, salah satunya adalah LAZIS Dewan Dakwah Prov. Lampung.

Tawar-menawar pun dilakukan untuk menekan biaya selama perawatan bayi dan ibunya di rumah sakit. Dinas sosial pun dihubungi agar bisa membantu pemindahan bayi ini ke RSUD Abdoel Moeloek, Bandar Lampung.

Kerjasama yang baik dari pihak RS Imanuel mampu memberikan keringanan biaya perawatan bayi ini. Setelah menyelesaikan urusan administrasi, maka pemindahan bayi pun segera dilakukan. Kini data bayi dimasukkan ke Kartu Keluarga Panti Asuhan Bussaina dan diikutkan dalam Jamkesda.

Pada Jumat (16/6) LAZIS Dewan Dakwah yang diwakili oleh Muhammad Syafrudin memberikan bantuan sebesar 2 juta rupiah melalui Yayasan Baabul Jannah Lampung untuk biaya perawatan bayi. Penyerahan bantuan ini juga disaksikan oleh Mulyono, Kepala Ruang Perinatologi RSUDAM. Beliau sangat mengapresiasi adanya perhatian dari masyarakat akan kondisi bayi yang membutuhkan bantuan ini.

Penanganan medis sepenuhnya diserahkan ke pihak rumah sakit. Kini bayi Muhammad Hasan -demikian nama yang diberikan oleh salah satu donatur- berada di inkubator Ruang Perinatologi RSUDAM.

Semoga LAZIS Dewan Dakwah bisa terus berkiprah melayani para dhuafa yang membutuhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *