[PENDAPAT AHLI] MENGAPA NEGARA TELUK “KUDETA” QATAR?
June 6, 2017
Dewan Dakwah kirim perwakilan ikuti Workshop & Coaching Nasional
June 6, 2017

Bakti Sosial Muslimah Dewan Dakwah,Langkah Tangkal Pemurtadan di Pedesaan

Satukan Langkah Menebar Dakwah, Merajut Ukhuwah, Menggapai Barokah

Inilah motto Muslimat Dewan Dakwah prov. Lampung yang pada Kamis (1/6) mengadakan Baksos Kesehatan di Desa Margo Lestari I, Kec. Jati Agung.

Desa Margo Lestari I (Dusun I) terdiri dari 5 RT dengan jumlah penduduk sekitar 80 KK per RT. Ada sekitar 400 KK per dusun. Di antaranya 100 KK yang nonmuslim.

Desa ini merupakan desa yang rawan pemurtadan. Hal ini sudah berlangsung sejak puluhan tahun lalu. Sebagian besar masyarakatnya bekerja sebagai buruh dan tukang yang belum tentu setiap hari mereka bisa menghasilkan. Kondisi kekurangan ini merupakan salah satu faktor pemicu merebaknya misi pemurtadan di desa ini.

Para pembawa misi pemurtadan datang dan membantu warga miskin. Salah satunya adalah dengan modus menikahi anak gadis di desa tersebut.

Tipisnya iman menjadi faktor utama merebaknya pemurtadan di desa ini. Karena itu, Muslimat Dewan Dakwah bersama LAZIS mengadakan baksos kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan dan juga pembagian sembako. Lewat kegiatan ini diharapkan masyarakat berkenan menerima pembinaan dan penguatan iman di masa-masa mendatang.

Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 200 warga desa. Ada sekitar 60 warga yang memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang dimotori oleh sederet dokter dan bidan.

Sambutan diawali oleh Ketua Panitia Pelaksana/Muslimat DD Ibu Wahyani yang menegaskan bahwa kegiatan ini merupakan pelaksanaan Pancasila sila I Ketuhanan Yang Maha Esa yang sejalan dengan rukun Islam.

Pada kesempatan ini Ibu Wahyani juga menyampaikan ucapan trimakasih kepada para donatur yang hadir maupun tidak hadir. Selain donatur pribadi, ada 4 majelis ta’lim yang turut berperan yaitu MT masjid Al Hikmah, Al Muhajirin, Al Hidayah, Ad Du’a.

Sambutan dilanjutkan oleh Ust. Yani Marjas mewakili Dewan Dakwah prov. Lampung. Dalam sambutannya, beliau mengajak hadirin mengingat isi S. Ar Rahman yang dibacakan saat pembukaan. Mengajak agar kita selalu bersyukur.

Ust. Fauzan Farid berkenan memberikan taushiyah sebagai acara inti. Dalam taushiyahnya, beliau mengajak warga agar memakmurkan/mengagungkan masjid. Masjid sebagai pusat kegiatan pembinaan aqidah, sebagai sumber informasi, sebagai sarana mempererat ukhuwah.

Dalam materinya beliau menyampaikan agar warga lebih sering menghadiri pengajian2 rutin yang ada di desa sebagai sarana pembinaan aqidah. Diingatkan juga bahwa nikmat dunia nilainya sangat kecil sekali.  Jangan sampai tergoda dunia dan membiarkan aqidah tak terbina. Orang yang sudah mendapat hidayah iman Islam, sudah disediakan sebuah tempat di surga.

Ust. Fauzan mengingatkan agar warga memegang kuat2 aqidah. Menjaga aqidah dengan cara mensyukuri nikmat beragama Islam,  belajar/mendalami tentang Islam, dan menjalankan syariat2 Islam.

Diakhiri dengan pelayanan kesehatan. Sambil menunggu antrian pelayanan kesehatan, acara diisi dengan penampilan nasyid Lazis Voice dan penyerahan hadiah hiburan untuk anak2 desa Margo Lestari I.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *